10+ Istilah Bisnis yang Penting untuk Diketahui oleh Para Pemula

Saat Anda akan menekuni suatu bidang, Anda harus mempelajari istilah-istilah yang sering digunakan di dalamnya agar bidang tersebut dapat dengan mudah dikuasai.

Salah satu bidang yang memiliki banyak istilah adalah bisnis.

Istilah bisnis yang beragam memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda satu sama lainnya.

Istilah-istilah Bisnis yang Penting untuk Diketahui oleh Pemula

Dengan menguasai dan memahami istilah-istilahnya, Anda pun dapat menjalani bisnis dengan mudah. Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Authorization

Istilah ini merujuk pada pemegang kartu kredit dengan kredit cukup untuk melakukan pembelian.

Associate/Affiliate

Affiliate berarti orang yang membantu menjual atau memasarkan produk orang lain dan bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan.

Above-the-Line

Istilah lainnya adalah above-the-line yang berarti keuntungan. Hal ini dapat dicontohkan dengan gross-profit (keuntungan yang belum dikurangi pajak).

Istilah ini juga biasanya digunakan dalam ajang promosi pada media yang memberikan fee atau komisi pada agen perusahaan penyedia iklan.

Baca juga: Yuk, Intip 7 Tips untuk Menarik Konsumen Menjadi Pelanggan

Akuisisi (Acquisition)

Akuisisi ini memiliki arti pengambilalihan perusahaan oleh perusahaan lain. Proses pengambilalihan ini biasanya dilakukan melalui pembelian saham.

Account

Istilah bisnis yang lainnya adalah account atau daftar transaksi finansial yang memiliki hubungan erat dengan suatu aset atau kewajiban seseorang terhadap orang lain selama dalam masa perjanjian bisnis.

Added Value

Added value berarti nilai tambah yang terdapat dalam suatu komoditas. Nilai tambah tersebut didapatkan setelah mengalami proses produksi di dalam pabrik. Misalnya, sweater rajut memiliki nilai tambah lebih tinggi dibandingkan benangnya saja.

Affiliate Program

Affiliate program termasuk ke dalam salah satu model bisnis yang memberikan komisi pada seseorang karena berhasil melakukan penjualan untuk pemilik jasa/produk melalui tautan khusus yang dibagikan.

Affiliate Marketing

Arti dari istilah affiliate marketing adalah proses penjualan yang dapat dilakukan oleh affiliate dengan tujuan memasarkan produk dan biasanya dilakukan di berbagai media sosial.

Amortisasi (Amortization)

Amortisasi adalah istilah untuk kebijakan pengurangan utang. Akan tetapi, sisa cicilan pokok dan bunganya tetap harus dibayar secara berkala dalam jumlah waktu yang sudah disepakati bersama.

Arbitration

Penyelesaian suatu konflik yang dilakukan oleh pihak ketiga, tetapi tidak melibatkan tindakan hukum. Penyelesaian ini dilakukan oleh seorang ahli di bidangnya yang tidak memihak siapa pun dan akan mendengarkan keterangan dari kedua belah pihak.

Annual Report

Laporan keuangan yang dibuat dalam jangka waktu satu tahun. Laporan keuangan ini sudah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Business Partnership

Istilah bisnis yang satu ini memiliki arti kerja sama yang salin menguntungkan antara pengusaha kecil dan besar.

Kerja sama ini tentu saja harus memiliki proses tawar-menawar yang seimbang agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Capital Market

Capital market adalah pasar yang di dalamnya terdapat dana modal (utang dan ekuitas) yang diperdagangkan. Di dalamnya juga terdapat pasar-pasar dan bursa-bursa yang terorganisasi.

Kredit

Kredit adalah uang yang dipinjamkan dengan perjanjian akan dibayar sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kredit juga dapat diartikan sebagai catatan pembukuan yang di dalamnya menyatakan pemusnahan atau pengurangan aktiva atau pengadaan/penambahan uang.

Laba/Profit

Laba atau profit adalah selisih yang menguntungkan dari hasil penjualan dan harga pokok produksi.

Manajemen

Manajemen adalah otorisasi pimpinan menengah yang di dalamnya terdapat kombinasi dua bidang: administrasi dan kebijaksanaan dalam cakupan yang luas untuk mencapai tujuan yang dimiliki oleh perusahaan.

Neraca

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan dan modal perusahaan pada waktu tertentu. Biasanya, aktiva akan diletakkan di sebelah kiri dan sebelah kanan akan digunakan untuk menuliskan modal di dalam sebuah neraca.

KPI (Key Performance Indicators)

Istilah KPI juga harus diperhatikan oleh pelaku bisnis. KPI biasanya disajikan berbentuk angka dengan tujuan memberi tahu efektivitas bisnis dalam mencapai tujuannya.

KPI juga berperan dalam menentukan langkah selanjutnya terhadap kondisi perusahaan saat ini.

Itulah beberapa istilah bisnis yang penting sekali untuk diketahui, khususnya bagi para pemula. Masing-masing istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda.

Oleh karena itu, pastikan agar definisinya tidak tertukar dengan yang lainnya.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar