Cara Melakukan Ternak Lebah Klanceng untuk Pemula

Ternak lebah klanceng menjadi salah satu peluang usaha baru yang cukup menjanjikan untuk dijalani. Hal ini dikarenakan jenis lebah yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan khasiat sehingga madunya banyak di buru untuk kesehatan tubuh manusia.

Hal tersebut lah yang menjadikan harga masuk lebah klanceng sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan madu lebah jenis lainnya.

Bagi yang ingin mencoba untuk ternak jenis lebah ini maka bisa dengan cara berikut ini.

Cara Ternak Lebah Klanceng di Rumah dengan Mudah

Lebah klanceng sendiri merupakan sebuah lebah yang biasanya hidup dibagian atap di luar rumah secara berkoloni. Ukuran lebah klanceng tergolong memiliki ukuran yang lebih kecil di bandingkan lebah lainnya. Untuk cara ternaknya adalah sebagai berikut ini.

1. Siapkan Berbagai Hal

Siapkan Berbagai Hal

Hal pertama yang harus diketahui ketika akan melakukan ternak lebah klanceng adalah dengan menyiapkan berbagai macam persiapan yang dibutuhkan. Mulai dari kayu untuk dibuat kandang, bunga, sarung tangan, penyekat, dan lain sebagainya yang dibutuhkan.

Semua hal tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis yang satu ini. Peternak juga harus menyiapkan mental karena melakukan ternak lebah pasti adalah hal yang umum terjadi apabila orang mendapatkan sebuah sengatan lebah.

2. Membuat Rumah Lebah

Ternak lebah klanceng berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan membuat rumah lebah.

Rumah lebah klanceng dapat dibuat dengan menggunakan peti kayu yang berukuran lebar 25 cm dan panjang sekitar 35 sampai 40cm untuk dijadikan kandang.

Peti ini bisa membuat rumah lebah untuk ternak yang akan dilakukan tersebut dengan menggunakan bahan kayu jati.

Kayu jati adalah bahan terbaik yang bisa digunakan untuk membuat rumah lebah karena dinilai lebih awet dan kokoh untuk gunakan.

Baca juga: Hindari 9 Kesalahan dalam Bisnis Ini Agar Bisnis Tetap Sukses

3. Memilih Bibit yang Unggul

Bibit lebah klanceng dapat bisa didapatkan dengan cara mencarinya sendiri sekitaran atap rumah.

Tetapi cara tersebut sulit untuk dilakukan untuk ternak lebah klanceng karena jenis lebah yang satu ini sudah cukup langka ditemukan di alam bebas saat ini.

Oleh karena itu peternak bisa membeli bibit lebah klanceng di pengepul dengan harga yang cukup terjangkau.

Setelah itu barulah untuk menernakan bibit tersebut di kandang yang tadi telah dibuat untuk memulai proses ternak lebah klanceng yang akan  diakukan.

4. Membersihkan Kandang Secara Berkala

Cara ternak lebah klanceng berikut yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan kandang secara berkala. Kebersihan kandang lebah harus selalu dijaga agar kandang tersebut tidak menjadi sarang rayap yang bisa menjadikannya kotor.

Peternak juga harus memastikan bahwa bunga yang ditaruh di dalam kandang tersebut tidak ditumbuhi oleh rumput liar. Dan pastikan juga bunga tersebut cukup untuk dijadikan sebagai pakan tambahan lebah klanceng tersebut.

5. Proses Panen Madu

Proses panen madu adalah tahapan terakhir setelah melakukan ternak lebah klanceng.Saat memasuki masa panen madu, lebah akan menjadi sangat agresif sehingga harus berhati-hati dan sebaiknya menggunakan peralatan khusus.

Orang bisa melakukan proses panen dengan cara melakukan pengasapan terlebih dahulu agar lebah pergi menjauhi kandang.

Setelah itu barulah bisa mengambil hasil madu yang ada di kandang lebah klanceng tersebut. Dan itulah beberapa cara yang bisa diakukan dan harus ketahui orang apabila ingin melakukan ternak lebah yang satu ini.

Dengan mengetahui segala persiapan tersebut maka setelah ini bisa melakukan perencanaan yang baik untuk ternak lebah klanceng.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar