• Minggu, 22 Mei 2022

Kemenag Berikan Pelatihan untuk 42 Fasilitator Moderasi Beragama dari Berbagai Daerah

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kemenag susun prosedur baru dan mitigasi serta siap berdiplomasi dengan pemerintah Arab Saudi (dok. Kemenag)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kemenag susun prosedur baru dan mitigasi serta siap berdiplomasi dengan pemerintah Arab Saudi (dok. Kemenag)

HALO PELAJAR - Guna mengimplementasi Moderasi Beragama pada Sekolah dan Perguruan Tinggi Umum (PTU). Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) melatih 42 fasilitator.

Fasilitator yang dilatih Kemenag mewakili 21 Organisasi Masyarakat (Ormas) penerima hibah implementasi terbatas Moderasi Beragama Berbasis Pendidikan Karakter.

Selain itu, ikut juga enam peserta perwakilan Kantor Kemenag Wilayah Provinsi se Jawa.

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Bijak Gus Miftah yang Menyejukan Hati

"Moderasi ini akan mengedepankan keadilan, keseimbangan agar tidak terjebak dalam jalan ekstrem, tidak berat ke sebelah, baik ekstrem kanan maupun kiri," ujar Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kemenag Amrullah.

"Moderasi Beragama adalah pemahaman yang berada di tengah-tengah, pemahaman yang mengedepankan keadilan, pemahaman yang mengedepankan hal terbaik," sambungnya.

Baca Juga: Kenali Yuk, Ini 5 Jenis Vitamin yang Bisa Menjaga Daya Tahan Tubuh

Moderasi beragama, kata dia, tidak untuk satu golongan bahkan satu agama saja, tapi untuk seluruh umat manusia. Apalagi, masyarakat Indonesia sangat beragam, termasuk dalam keberagamaan.

"Harapan saya, moderasi beragama tidak hanya dirasakan di Indonesia tetapi juga di negara-negara lain. Praktik baik yang ada di Indonesia, akan menjadi contoh negara-negara di dunia," jelasnya.

Halaman:

Editor: ABD Muit

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X