10 Cara Mengencangkan Kulit Wajah, Cara Alami Hingga Treatment

Mendapatkan wajah yang cantik dan tampak awet muda selalu menjadi dambaan setiap wanita. Sehingga mereka rela melakukan berbagai macam cara. Salah satunya cara mengencangkan kulit wajah baik menggunakan bahan alami maupun treatment.

Setiap teknik yang dilakukan tentu bisa memberikan respon berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya penyesuaian kulit terhadap bahan aktif yang bisa membuat kulit tampak lebih kencang lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu pelajari dulu apa saja cara yang bisa dipakai untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang dan awet muda. Mulai dari penggunaan bahan alami hingga treatment rutin.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah (Alami dan Treatment)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan kulit wajah kencang. Tetapi hasilnya tentu tidak bisa instan, kamu wajib melakukannya secara rutin. Nah, berikut beberapa caranya:

1. Pakai Minyak Kelapa

Mungkin beberapa orang belum tahu kalau sebenarnya minyak kelapa ini bisa menjadi pelembab terbaik.

Sebab, konsentrasi yang minyak kelapa miliki apabila dioleskan pada kulit bisa membuat pori-pori dan kerutan terisi sehingga kulit tetap halus.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga mengandung asam lemak yang bisa menembus kulit sehingga dapat melindungi protein alami dari dalam.

Bahkan, minyak kelapa ini sangat cocok dimanfaatkan oleh pemilik kulit kering, kendur, dan memiliki kerutan.

Baca juga: 10 Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok, Rambut Kuat dan Sehat

2. Cuci Muka Secara Rutin

Rutin membersihkan muka dengan menggunakan pencuci wajah yang tepat bisa membantu kamu mendapatkan kulit kencang. Apalagi aktivitas cuci muka ini rutin kamu lakukan setiap malam sebelum tidur.

Mencuci wajah sebelum tidur bisa membuat kamu terhindar dari permasalahan kulit seperti keriput dan juga kendur. Gunakan air dingin untuk mencuci muka sehingga bisa membantu untuk menutup pori-pori kembali.

Untuk melakukan cara mengencangkan kulit wajah dengan cuci muka kamu bisa melakukan sehari 2x saja, ya.

Karena terlalu sering mencuci wajah hanya membuat kulit menjadi lebih kering dan membutuhkan hidrasi lebih banyak.

Jangan sampai ingin membuat kulit kenyal justru menyebabkan wajah jadi tampak kering dan tandus.

3. Menggunakan Vitamin C dan Retinol

Menggunakan Vitamin C dan Retinol

Cara mengencangkan kulit wajah yang kendur bisa kamu lakukan dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan vitamin c dan juga retinol.

Saat ini produk kecantikan seperti serum dan pelembab cukup banyak yang mengandung vitamin c dan retinol.

Pasalnya kedua bahan aktif tersebut berperan penting dalam merangsang kolagen pada kulit. Kolagen sendiri membuat kulit wajah menjadi lebih halus, elastis, dan juga kenyal. Apalagi vitamin c memiliki sifat antioksidan.

Oleh karena itu, vitamin c bisa membantu kamu untuk melindungi kulit dari efek penuaan akibat paparan sinar matahari secara langsung.

4. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Disamping kamu rajin memberikan nutrisi pada wajah dengan sederet produk kecantikan. Kamu juga bisa mengikuti cara mengencangkan kulit wajah usia 40 atau lebih dengan konsumsi rutin air putih yang cukup.

Air putih merupakan bahan alami yang bisa membantu kamu mendapatkan kulit terhidrasi dengan baik. Sehingga, tanda-tanda penuaan seperti kerutan bisa tersamarkan. Apalagi jika kamu imbangi dengan konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.

Baca juga: Rambut Bercabang? Jangan Panik! Ini Dia 7 Solusinya!

5. Pakai Masker Wajah Alami

Salah satu cara mengencangkan kulit wajah secara alami dan permanen yang bisa kamu lakukan yaitu penggunaan masker wajah secara rutin. Tidak perlu mahal-mahal kamu bisa memanfaatkan masker wajah dari bahan alami.

Penggunaan masker wajah secara rutin bisa membantu untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit, loh. Sehingga masker ini akan bertindak sebagai anti penuaan. Beberapa jenis masker wajah yang bisa kamu gunakan adalah:

  • Masker putih telur ini bermanfaat seperti kamu melakukan prosedur face lift. Penggunaannya cukup mudah, setelah masker putih telur dibilas kamu akan merasakan efek kencang hingga satu jam setelahnya
  • Masker pisang mengandung vitamin A dan E yang bisa mencegah kerusakan akibat paparan radikal bebas sehingga membuat kulit bisa tetap kencang.
  • Teh hijau yang dijadikan masker bisa membantu untuk menjaga kolagen pada kulit karena terdapat kandungan vitamin B2.
  • Masker Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melawan tanda penuaan seperti keriput. Mentimun juga mengandung vitamin C yang bisa merangsang pertumbuhan sel baru.
  • Pemanfaatan masker lidah buaya yang memiliki efek menangkan. Cara mengencangkan kulit wajah dengan lidah buaya ini paling banyak dipilih karena memiliki efek yang sangat signifikan.

6. Radiofrequency

Kecanggihan teknologi yang mulai merambah ke dunia kecantikan berhasil menciptakan peralatan berkualitas tinggi untuk memperbaiki tekstur wajah. Salah satunya cara mengencangkan kulit wajah dengan treatment.

Radiofrequency merupakan salah satu treatment yang cukup populer untuk memberikan sensasi kencang pada wajah dan tampak awet muda. Efek yang diberikan pun sebanding dengan penggunaan krim anti penuaan secara rutin.

Jenis perawatan satu ini bertujuan untuk merangsang produksi protein pada lapisan kulit terdalam. Tetapi, untuk mendapatkan hasil maksimal kamu perlu melakukan treatment berulang, ya.

7. Microneedling

Microneedling

Perawatan kulit wajah terkenal lainnya dengan tujuan melakukan terapi induksi kolagen adalah microneedling.

Cara kerja dari treatment satu ini dengan membuat jaringan kulit baru sehingga bisa membuat proses peremajaan kulit terjadi.

Microneedling dilakukan dengan memanfaatkan jarum kecil yang ditusukkan pada kulit. Prosesnya juga cukup panjang karena membutuhkan beberapa sesi dalam 3-4 bulan untuk hasil optimal.

8. Ultrasound

Treatment yang sangat beragam terkadang membuat beberapa pasien bingung akan mengambil mana paling baik. Nah, kamu bisa menggunakan cara mengencangkan kulit wajah dengan ultrasound.

Proses treatment satu ini dengan memanfaatkan sinar seperti USG pada bagian kerutan di wajah. Karena prosesnya cukup ketat, maka hal ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis di klinik kecantikan, ya.

Sinar yang diberikan pada kerutan akan memberikan sensasi hangat serta meresap pada lapisan kulit terdalam. Suhu hangat ini merupakan perangsang produksi kolagen. Karena tidak permanen, treatment ini akan memberikan efek kencang selama 2-6 bulan saja.

9. Suntik Botoks

Perawatan wajah yang sangat terkenal hampir di semua kalangan usia adalah suntik botoks. Cara kerjanya cukup sederhana yaitu fokus pada melemaskan otot yang terletak di sekitar kerutan. Tujuannya agar kulit tampak mulus kembali.

Biasanya dokter akan melakukan analisa terlebih dahulu sebelum menyuntikkan botoks. Nantinya suntikkan akan difokuskan pada bagian kerutan dan garis halus. Hasil botoks pun sangat cepat terlihat yaitu 3-7 hari saja dengan masa bertahan 3-4 bulan.

Tetapi, kamu perlu tahu kalau perawatan suntik botoks tidak bisa dilakukan sembarang orang. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan tidak membahayakan, maka kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit maupun dokter kecantikan.

10. Face Lift

Bagaimana caranya agar kulit wajah kencang? Salah satunya dengan menggunakan face lift. Prosedur medis ini bermanfaat untuk membuat lipatan kulit dan kendur pada pipi jadi lebih kencang lagi sehingga membuat wajah terhindar dari penuaan.

Ketika kamu ingin melakukan treatment face list maka dibutuhkan sebuah tindakan bedah seperti sayatan pendek maupun pendek untuk memperbaiki permasalahan kulit. Besarnya sayatan tergantung pada tindakan yang dibutuhkan.

Kenapa harus melalui prosedur bedah? Karena face list fokus untuk membentuk ulang wajah bagian bawah dengan mengangkat kulit berlebih di area tertentu.

Sehingga prosedur bedah sangat dibutuhkan. Jika kamu tidak yakin, maka bisa memilih treatment lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengencangkan kulit wajah yang bisa kamu lakukan baik secara alami maupun melalui treatment. Masing-masing perawatan baik alami maupun tidak, selalu terdapat kelebihan dan kekurangan.

Kamu bisa menyesuaikan dengan standar kecantikan yang kamu inginkan. Selamat mencoba semoga kulit kencang bisa kamu dapatkan, ya!

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar