• Minggu, 22 Mei 2022

Temuan Kejagung, Proyek Satelit Kemhan Tidak Direncanakan dengan Baik

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 02:54 WIB
Febrie Adriansyah diangkat  sebagai Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung).
Febrie Adriansyah diangkat sebagai Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung).

HALO PELAJAR- Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAMPidsus) Kejaksaan Agung menemukan beberapa perbuatan melawan hukum dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan satelit Kementerian Pertahanan (Kemhan), di antaranya proyek tersebut tidak direncanakan dengan baik.

“Sekarang yang menjadi masalah dalam proses tersebut kami telah menemukan ada beberapa perbuatan melawan hukum, yaitu salah satunya bahwa proyek ini tidak direncanakan dengan baik,” kata JAMPidsus Febrie Adriansyah di Kejaksaan Agung dilansir dari Antara, Jumat.

Selain tidak direncanakan dengan baik, Febrie menyebutkan saat kontrak dilakukan anggaran untuk menyewa satelit tersebut belum tersedia dalam daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) Kemenhan tahun 2015.

Baca Juga: Kapolri Imbau Masyarakat Hindari Omicron, Tidak Mendesak Jangan Keluar Negeri

“Kemudian dalam prosesnya pun ini juga ada penyewaan satelit dari Avanti Communication Limited (Avanti),” kata Febrie.

Temuan lainnya, kata Febrie, seharusnya penyewaan satelit tersebut tidak perlu dilakukan karena dalam ketentuan saat satelit yang lama tidak berfungsi masih ada waktu tiga tahun slot Orbit 123 derajat Bujur Timur (BT) tersebut dapat digunakan.

Hal itu berdasarkan peraturan International Telecommunication Union (ITU), negara yang telah mendapat hak pengelolaan akan diberi waktu tiga tahun untuk mengisi kembali Slot Orbit. Apabila tidak dipenuhi, hak pengelolaan Slot Orbit akan gugur secara otomatis dan dapat digunakan oleh negara lain.

“Jadi masih ada tenggang waktu. Tapi dilakukan penyewaan sehingga di sini kita lihat ada perbuatan melawan hukum,” kata Febrie.

Febrie juga mengungkapkan satelit yang disewa ternyata tidak dapat berfungsi dan spesifikasinya tidak sama dengan satelit yang lama.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Kasus Pemukulan Wasit, Polisi Tetapkan Enam Tersangka

Senin, 27 Desember 2021 | 14:40 WIB

Buronan Teroris Bom Katedral Sulsel Ditangkap Densus 88

Selasa, 14 Desember 2021 | 04:17 WIB

Ini Daftar 151 Pinjol Ilegal yang Telah Diblokir OJK

Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:25 WIB

Terpopuler

X