Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Secara Online Karena Resign dan Alasan Lainnya

Ada beberapa cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan karena resign maupun sebab lainnya.

BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan yang telah memberikan manfaat besar bagi warga negara Indonesia. Program ini memberikan perlindungan kesehatan yang luas dan terjangkau kepada masyarakat.

Meskipun demikian, terkadang ada situasi di mana keanggotaan BPJS Kesehatan seseorang menjadi tidak aktif.

Beberapa diantaranya yakni:

  • Resign atau tidak lagi bekerja pada perusahaan, artinya status peserta berubah menjadi mandiri.
  • BPJS Kesehatan tidak aktif karena telat membayar iuran

Perlu dicatat, akan ada denda komulatif jika sudah telat membayar. Sebab, sejatinya BPJS Kesehatan statusnya hanya tidak dapat digunakan, tidak serta merta menjadi tidak aktif.

Baca juga: Core Banking: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Dampaknya

Jika Anda mengalami hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan langkah-langkah yang jelas tentang cara mengaktifkan kembali keanggotaan BPJS Kesehatan secara online dan offline.

Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Online dan Offline

Sebelum mulai masuk ke cara mengaktifkan kembali, ada beberapa hal yang perlu dicek terlebih dahulu. Berikut adalah diantaranya:

1. Mengecek Status Keanggotaan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa status keanggotaan BPJS Kesehatan Anda.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini.Salah satunya adalah mengunjungi situs web resmi BPJS Kesehatan atau melaui Aplikasi Mobile JKN.

Anda juga dapat menghubungi pusat layanan pelanggan mereka melalui telepon untuk mendapatkan informasi mengenai status keanggotaan Anda.

2. Pembayaran Tunggakan

Jika keanggotaan BPJS Kesehatan Anda tidak aktif karena ada tunggakan pembayaran, Anda perlu melakukan pembayaran tunggakan tersebut terlebih dahulu.

BPJS Kesehatan menyediakan beberapa metode pembayaran yang dapat Anda pilih.

Salah satunya adalah melalui bank, di mana Anda dapat membayar tunggakan melalui teller atau melalui layanan internet banking.

Selain itu, Anda juga bisa membayar di kantor pos dengan menggunakan slip pembayaran yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan.

3. Mengisi Formulir Permohonan Aktivasi Kembali

Setelah Anda melakukan pembayaran tunggakan, langkah berikutnya adalah mengisi formulir permohonan aktivasi kembali.

Formulir ini biasanya dapat Anda dapatkan di kantor BPJS Kesehatan terdekat atau melalui unduhan di situs web mereka.

Baca juga: Catat! ini Mekanisme Asuransi Jiwa Berdasarkan Prinsip-Prinsipnya

Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk yang diberikan. Beberapa informasi yang mungkin diminta dalam formulir termasuk nomor keanggotaan, nama lengkap, alamat, dan rincian kontak lainnya.

4. Melengkapi Dokumen Pendukung

Selain mengisi formulir permohonan, Anda juga perlu melengkapi dokumen pendukung lainnya sesuai dengan kebijakan BPJS Kesehatan.

Dokumen-dokumen ini bisa berbeda-beda tergantung pada situasi pribadi Anda, namun beberapa dokumen yang umumnya diminta adalah:

  1. Fotokopi kartu identitas: Biasanya membutuhkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau dokumen identitas resmi lainnya yang valid.
  2. Bukti pembayaran tunggakan: Lampirkan bukti pembayaran tunggakan yang telah Anda lakukan. Pastikan untuk menyimpan salinan bukti pembayaran ini sebagai bukti untuk diri sendiri.
  3. Dokumen lain yang relevan: Terkadang, BPJS Kesehatan mungkin meminta dokumen tambahan seperti surat keterangan dari tempat kerja atau dokumen lain yang dapat membantu memverifikasi informasi Anda.

5. Mengajukan Permohonan Aktivasi Kembali

Setelah semua dokumen lengkap, Anda dapat mengajukan permohonan aktivasi kembali keanggotaan BPJS Kesehatan.

Anda dapat mengirimkannya melalui pos atau secara langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk pengiriman yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, termasuk alamat tujuan dan cara pengepakan jika Anda memilih mengirim melalui pos.

6. Menunggu Konfirmasi dan Aktivasi Kembali

Setelah mengajukan permohonan, Anda perlu menunggu konfirmasi dari BPJS Kesehatan mengenai aktivasi kembali keanggotaan Anda. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu beberapa hari atau lebih tergantung pada kebijakan dan volume pekerjaan BPJS Kesehatan.

Jika ada masalah atau pertanyaan selama proses ini, Anda dapat menghubungi pusat layanan pelanggan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan bantuan.

Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Secara Online

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali kepesertaan BPJS Kesehatan dengan menggunakan situs web resmi, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser web Anda dan kunjungi situs web resmi BPJS Kesehatan di alamat: www.bpjs-kesehatan.go.id. Atau lebih mudahnya menggunakan aplikasi Mobile JKN yang bisa didownload di Play Store dan App Store.

2. Pada halaman utama Mobile JKN, cari dan klik opsi “Login” atau “Masuk” untuk mengakses akun Anda. Jika Anda belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu dengan mengklik opsi “Daftar” atau “Registrasi”.

3. Gunakan nomor kartu BPJS yang sudah mati untuk daftar dan login. Setelah berhasil masuk ke akun Anda, akan muncul dashboard atau halaman utama.

4. Di dashboard akun, pilih menu lainnya, kemudian klik menu Info Iuran.

5. Setelah klik info iuran, Anda akan mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Komulatif dari seluruh keluarga tertanggung, dan juga berapa bulan yang belum dibayarkan.

6. Lanjut kembali ke menu utama, lalu Pilih menu ‘Peserta’ dan klik ‘Cek Kepesertaan’.

7. Pilih ‘Segmen Peserta’ dan pilih misalnya dari pegawai swasta menjadi pekerja mandiri kemudian klik ‘Selanjutnya’ 

8. Di layar akan muncul pilihan pembayaran autodebet sesuai rekening bank yang dimiliki. 

9. BPJS Kesehatan akan menginformasikan pendaftaran rekening autodebet dan klik ‘Saya Setuju’ dan ‘Selanjutnya’ 

10. Isi data yang diminta seperti nomor kartu BPJS, nomor rekening, nomor handphone, kemudian klik ‘Daftar Autodebet’ 

11. Lakukan pembayaran dan sisa tunggakan iuran BPJS Kesehatan 

12. Jika sudah selesai, klik ‘Selanjutnya’ 

13. Kamu akan menerima kode verifikasi ke nomor handphone dan ketik kode tersebut di aplikasi kemudian klik ‘Verifikasi’ 

14. Setelah semua proses ini selesai, BPJS Kesehatan kamu sudah aktif kembali.

Jika BPJS Kesehatan sudah aktif kembali, akan ada notif kamu terlindungi di bagian menu utama Mobile JKN.

Kesimpulan

Aktivasi kembali keanggotaan BPJS Kesehatan secara online dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas.

Mengecek status keanggotaan, membayar tunggakan, mengisi formulir permohonan, melengkapi dokumen pendukung, mengajukan permohonan, dan menunggu konfirmasi adalah langkah-langkah penting yang harus Anda lakukan.

Dengan mengikuti prosedur yang benar, Anda dapat mengaktifkan kembali keanggotaan BPJS Kesehatan dan mendapatkan perlindungan kesehatan yang penting.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar