Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BCA yang Sudah Mati

Masih bingung dan cari cara mengaktifkan kembali rekening BCA yang sudah mati? Simak panduannya di artikel berikut ini.

Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan perbankan kepada nasabahnya. Namun, terkadang ada situasi di mana rekening BCA bisa menjadi tidak aktif atau mati.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti lama tidak digunakan, saldo nol, atau ketidakaktifan dalam jangka waktu tertentu. Jika Anda mengalami masalah serupa, jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengaktifkan kembali rekening BCA yang sudah mati.

Namun perlu Anda ketahui beberapa hal yang mungkin terjadi saat rekening Anda non aktif atau pasif.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi ATM BCA Terblokir Tanpa ke Bank Secara Online

Berapa Lama Rekening BCA Akan Ditutup?

Pada tanggal 1 November 2022, melalui Instagram goodlifebca Bank BCA resmi mengumumkan bahwa tabungan akan resmi ditutup jika selama 12 bulan tidak ada transaksi sama sekali.

Kemudian dilansir dari bca.co.id disebutkan BCA untuk rekening Tahapan/Tapres/Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, TabunganKu dan BCA Dollar, sistem BCA akan menutup rekening bila saldo 0 (nol).

Rekening Giro akan ditutup oleh sistem BCA jika saldo 0 (nol) dan tidak ada transaksi finansial selama 18 bulan berturut-turut. Untuk Rekening Simpanan Pelajar akan ditutup sistem BCA jika rekening dalam kondisi mati suri (dormant) selama 12 bulan berturut-turut dan saldo kurang dari Rp 5.000. 

Dampak Rekening BCA Non Aktif ( Pasif )

Dampak dari memiliki rekening BCA yang nonaktif bisa beragam dan perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi:

  1. Tidak Dapat Mengakses Layanan Perbankan
  2. Tidak Dapat Menerima Dana
  3. Potensi Biaya dan Penalti
  4. Potensi Penutupan Rekening
  5. Tidak Dapat Menggunakan Fasilitas Perbankan Tambahan
  6. Risiko Keamanan dan Identitas
  7. Pemutusan Hubungan dengan Layanan Terkait

Penting untuk menjaga rekening BCA tetap aktif dengan menggunakan layanan perbankan secara teratur atau melakukan transaksi minimal dalam jangka waktu tertentu.

Jika rekening Anda sudah nonaktif, sebaiknya mengikuti langkah-langkah yang disarankan oleh bank untuk mengaktifkannya kembali dan menghindari dampak yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Cek Rekening BCA Aktif Atau Tidak?

Sebelum masuk pada cara mengaktifkan kembali rekening BCA yang telah mati, Anda perlu mengetahui status akun rekening BCA Anda. Bagaimana caranya?

  1. Cek saldo melalui mobile banking atau melalui ATM BCA terdekat, jika muncul notifikasi “ rekening Anda tidak aktif” maka bisa dipastikan bahwa rekening Anda dalam keadaan tidak aktif.
  2. Lakukan panggilan ke Call Center bank BCA kemudian tanyakan kepada petugas tentang kondisi rekening BCA Anda.

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BCA yang Sudah Mati

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali rekening BCA yang sudah mati secara offline, cara ini sama halnya ketika Anda mengaktifkan rekening dalam status Dormant. Ikuti langkah berikut!

1. Persiapkan Dokumen Identitas

Persiapkan dokumen identitas resmi Anda seperti KTP, SIM, atau paspor. Pastikan dokumen-dokumen tersebut masih berlaku dan dalam kondisi baik.

2. Kunjungi Kantor Cabang BCA

Setelah memeriksa status rekening dan mempersiapkan dokumen, kunjungi kantor cabang BCA terdekat. Jika Anda tidak yakin dengan lokasi kantor cabang terdekat, Anda dapat mencarinya melalui situs web resmi BCA.

3. Bawa Dokumen Identitas

Saat mengunjungi kantor cabang, bawa dokumen identitas yang telah dipersiapkan. Serahkan dokumen-dokumen tersebut kepada petugas bank dan sampaikan bahwa Anda ingin mengaktifkan kembali rekening BCA yang sudah mati.

4. Tanyakan Persyaratan Tambahan

Petugas bank akan memberikan petunjuk dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk mengaktifkan kembali rekening. Setiap bank mungkin memiliki persyaratan yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk bertanya kepada petugas bank mengenai hal ini.

5. Lengkapi Dokumen dan Formulir

Jika ada dokumen tambahan yang diperlukan, lengkapilah sesuai petunjuk yang diberikan oleh petugas bank. Isi juga formulir yang diberikan oleh bank untuk memproses pengaktifan kembali rekening.

6. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah Anda menyerahkan dokumen dan formulir yang diminta, bank akan melakukan proses verifikasi. Hal ini bisa memakan waktu beberapa hari kerja. Anda dapat menanyakan estimasi waktu penyelesaian kepada petugas bank.

7 Aktivasi Kembali Rekening

Setelah proses verifikasi selesai, rekening Anda akan diaktifkan kembali. Anda akan menerima pemberitahuan atau konfirmasi dari bank mengenai status rekening Anda.

Biaya Aktivasi Rekening BCA yang Sudah Mati

Untuk mengaktifakan kembali rekening BCA yang sudah mati, tentu terdapat biaya.

Biaya aktivasi mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian orang, sebagai informasi bahwa jika kondisi rekening Anda adalah dormant maka biaya aktivasi adalah gratis atau tidak dipungut biaya sepeserpun.

Namun jika kondisi rekening Anda sudah ditutup atau dinonaktifkan secara permanen maka rekening Anda tidak bisa diaktifkan kembali. Biasanya CS akan meminta Anda untuk membuka rekening yang baru.

Untuk pembukaan rekening baru Anda akan diminta untuk melakukan setoran awal sebesar Rp. 500.000. Memang terkesan mahal, namun setelah rekening baru jadi, Anda dapat menarik kembali uang tersebut di mesin ATM sebesar 400.000.

ATM BCA Hilang, Bagaimana Aktivasi-nya?

Jika Anda mengalami kehilangan kartu ATM, hal yang perlu Anda lakukan adalah menonaktifkan atau memblokir sementara kartu ATM Anda tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Untuk menonaktifkan atau memblokir Anda bisa menghubungi Call Center atau bisa melalui M-Banking BCA.

Nah, untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang hilang tersebut bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini!

  1. Langkah pertama adalah Anda harus membuat surat keterangan kehilangan di Polsek. Surat keterangan kehilangan ini nantinya akan Anda gunakan sebagai salah satu persyaratan untuk aktivasi kembali kartu ATM Anda.
  2. Setelah memiliki surat keterangan kehilangan silahkan Anda datang ke kantor BCA, silahkan ambil antrian ke Customer Service.
  3. Silahkan sampaikan tujuan yakni untuk aktivasi kartu ATM Anda yang telah hilang, petugas akan meminta beberapa data seperti buku rekening, KTP dan juga surat keterangan kehilangan yang telah Anda buat.
  4. Setelah semua terpenuhi petugas akan memberikan kartu ATM BCA yang baru dan Anda akan diminta untuk membuat PIN yang baru.
  5. Selesai, ATM baru Anda sudah siap untuk Anda gunakan

Itu dia cara mengaktifkan kembali rekening BCA yang sudah mati, pastikan untuk mengikuti instruksi dari petugas bank secara teliti dan mengisi semua formulir dengan benar.

Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bank untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar