Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BNI yang Sudah Mati

Bingung cara mengaktifkan kembali rekening BNI yang sudah mati? Simak panduannya di artikel berikut ini.

Memiliki rekening bank merupakan hal yang umum dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada kalanya kita mengalami situasi di mana rekening bank kita menjadi tidak aktif atau mati.

Hal ini bisa terjadi karena lama tidak digunakan atau ada ketidakaktifan dalam melakukan transaksi. Jika Anda memiliki rekening BNI yang sudah mati, jangan khawatir. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengaktifkan kembali rekening BNI yang sudah mati.

Berapa Lama Rekening BNI Mati / Ditutup?

Dilansir dari situs resmi Bank BNI, rekening BNI akan ditutup sementara atau dormant adalah jika rekening Anda dalam jangka waktu 6 bulan tidak ada transaksi debet dan kredit selain pendebetan dan pengkreditan oleh sistem karena biaya administrasi, denda saldo minimum, pajak dan bunga. Berlaku untuk nilai saldo berapapun yang ada di rekening.

Kemudian dampak apa saja yang terjadi jika kondisi rekening BNI Anda selama masa dormant?

  1. Tidak dapat melakukan penarikan tunai
  2. Tidak dapat melakukan transfer
  3. Anda masih bisa menerima transfer namun tidak dapat merubah status dormant.

Cara Mengetahui Rekening BNI Masih Aktif Atau Tidak

Sebelum masuk pada langkah mengaktifkan kembali rekening BNI, Anda perlu mengetahui rekening BNI Anda masih aktif atau tidak. Bagaimana cara mengetahuinya?

  1. Cek saldo BNI Anda melalui aplikasi BNI Mobile Banking, jika muncul keterangan “ Rekening Anda Tidak Aktif” artinya kondisi rekening BNI Anda dalam keadaan tidak aktif.
  2. Cek saldo rekening BNI Anda melalui ATM BNI terdekat, jika rekening Anda dalam keadaan tidak aktif akan muncul notifikasi “ Rekening Anda Tidak Aktif” dan informasi saldo tidak akan muncul.
  3. Anda bisa menghubungi call center BNI atau datang ke kantor Bank BNI terdekat.

Jika Anda telah mengetahui status rekening Anda, sekarang Anda bisa melakukan aktivasi atau mengaktifkan kembali rekening BNI Anda yang telah mati. Berikut langkah-langkahnya!

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BNI yang Sudah Mati Secara Offline

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali rekening BNI yang sudah mati secara offline, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Persiapan Dokumen-dokumen Pendukung

Sebelum mengunjungi cabang BNI, pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Biasanya, dokumen yang diminta termasuk kartu identitas (KTP atau SIM), NPWP (jika ada), dan bukti alamat terbaru seperti tagihan listrik atau air. Pastikan Anda membawa salinan dokumen-dokumen tersebut.

2. Kunjungi Cabang BNI Terdekat

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi cabang BNI terdekat. Cari tahu lokasi cabang yang paling dekat dengan Anda melalui situs web BNI atau dengan bertanya kepada petugas layanan pelanggan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Mandiri yang Sudah Mati

3. Antri dan Bertemu dengan Petugas Bank

Setelah tiba di cabang BNI, antrilah jika diperlukan dan tunggu giliran Anda dipanggil.

Setelah dipanggil, sampaikan kepada petugas bank bahwa Anda ingin mengaktifkan kembali rekening BNI yang sudah mati. Serahkan dokumen-dokumen pendukung yang telah Anda persiapkan.

4. Proses Verifikasi dan Aktivasi Rekening

Petugas bank akan memeriksa dokumen Anda dan melakukan proses verifikasi. Ini mungkin melibatkan pemindaian sidik jari, tanda tangan, atau pertanyaan keamanan terkait rekening Anda.

Setelah proses verifikasi selesai, petugas bank akan mengaktifkan kembali rekening BNI Anda. Mereka akan memberikan informasi mengenai nomor rekening dan instruksi penggunaan rekening tersebut.

5. Mengaktifkan Layanan Tambahan

Setelah rekening Anda diaktifkan, Anda dapat mengaktifkan kembali layanan tambahan seperti kartu ATM, internet banking, atau mobile banking. Untuk mengaktifkan layanan tersebut, Anda dapat meminta petunjuk kepada petugas bank atau melalui aplikasi perbankan BNI.

Selama proses ini, penting untuk mengikuti petunjuk dari petugas bank dengan cermat dan memastikan Anda memahami setiap informasi yang diberikan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kebingungan, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bank.

Biaya Aktivasi Rekening BNI

Dikutip dari website resmi bank BNI, jika kondisi rekening Anda adalah dormant maka Anda perlu melakukan setoran dana sebesar 100.000 untuk mengaktivasi atau mengaktifkan kembali rekening Anda.

Namun jika kondisi rekening Anda dikarenakan saldo rekening Anda habis atau Rp.0 maka rekening tersebut akan ditutup secara permanen dan Anda tidak bisa mengaktifkan kembali. Lalu bagaimana solusinya? Anda akan diminta untuk membuat rekening bank BNI yang baru.

Mengaktifkan Rekening BNI yang Hilang

Jika Anda kehilangan ATM BNI, berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti untuk mengaktifkan kembali kartu ATM Anda:

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat surat keterangan kehilangan di kantor Polsek terdekat.
  2. Datang ke kantor Bank BNI terdekat dengan membawa data-data yang diperlukan seperti surat kehilangan dari polsek, buku rekening BNI Anda dan KTP Anda.
  3. Silahkan ambil antrian ke CS, setelah sampai ke CS BNI sampaikan bahwa Anda ingin melakukan aktivasi kembali kartu ATM Anda yang telah hilang. Pihak CS BNI akan akan memberikan beberapa pertanyaan sebagai langkah identifikasi dan verifikasi data Anda.
  4. Setelah semua sesuai CS akan meminta Anda untuk mengisi formulir permintaan pergantian kartu ATM.
  5. Setelah kartu Anda yang baru siap Anda akan diminta untuk membuat PIN ATM Anda, dan selamat kartu ATM Anda sudah bisa digunakan kembali.

Itulah pembahasan mengenai cara mengaktifkan kembali rekening BNI yang telah mati karena beberapa hal. Salah satu tips agar rekening BNI Anda tetap aktif adalah dengan rutin melakukan transaksi paling tidak satu bulan sekali.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas Anda dapat mengaktifkan kembali rekening BNI Anda yang telah mati. Apabila Anda masih bingung, cara paling tepat Adalah dengan menghubungi Call Center BNI atau mencari informasi dengan langsung data ke kantor BNI.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar