Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI yang Sudah Mati

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI yang Sudah Mati secara online dan offline.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan perbankan kepada masyarakat. Namun, ada kalanya seseorang memiliki rekening BRI yang sudah tidak aktif atau mati.

Rekening yang tidak aktif bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lama tidak digunakan, saldo nol, atau ketidakaktifan lainnya. Jika Anda memiliki rekening BRI yang sudah mati dan ingin mengaktifkannya kembali, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

Sebelum masuk pada langkahnya, Anda terlebih dahulu Anda perlu mengetahui status rekening BRI Anda.

Cara Mengetahui Rekening BRI Aktif atau tidak

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui rekening BRI Anda dalam keadaan aktif atau tidak.

1. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi BRI-mo. Silahkan cek saldo Anda menggunakan aplikasi BRI-mo, jika saldo Anda tidak bisa muncul bisa dipastikan rekening BRI Anda dalam keadaan nonaktif.

2. Cara kedua Adalah dengan menggunakan mesin ATM, silahkan Anda cek saldo menggunakan kartu ATM BRI Anda, jika proses gagal maka artinya rekening BRI Anda dalam keadaan nonaktif.

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI yang Sudah Mati Secara Online

Seiring kemajuan teknologi, Bank BRI menyediakan layanan pengaduan nasabah melalui online, termasuk untuk mengaktifkan kembali rekening BRI yang mati, berikut langkahnya:

1. Persiapkan Dokumen-dokumen yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pengaktifan kembali rekening BRI secara online, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Biasanya, bank akan meminta identitas resmi seperti KTP, NPWP (jika ada), dan dokumen pendukung lainnya. Pastikan Anda memiliki salinan dokumen-dokumen tersebut dalam format digital yang dapat diunggah selama proses pengaktifan kembali rekening.

2. Kunjungi Situs Resmi BRI

Buka browser web Anda dan kunjungi situs resmi Bank BRI di alamat https://www.bri.co.id. Cari menu atau opsi yang terkait dengan pengaktifan kembali rekening atau layanan nasabah.

3. Login atau Buat Akun Internet Banking

Jika Anda sudah memiliki akun internet banking BRI, login menggunakan ID pengguna dan kata sandi Anda. Jika Anda belum memiliki akun internet banking, pilih opsi “Buat Akun Baru” atau “Daftar” dan ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk membuat akun.

4. Pilih Opsi Mengaktifkan Kembali Rekening

Setelah berhasil login, cari opsi atau menu yang berkaitan dengan pengaktifan kembali rekening. Pada umumnya, opsi ini dapat ditemukan di menu “Layanan Nasabah” atau “Pengaturan Rekening”.

5. Isi Formulir Pengaktifan Kembali Rekening

Setelah memilih opsi pengaktifan kembali rekening, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengaktifan kembali. Isilah formulir tersebut dengan informasi yang diminta, seperti nomor rekening yang ingin diaktifkan kembali dan data pribadi Anda yang terkait dengan rekening tersebut.

6. Unggah Dokumen-dokumen yang Diperlukan

Selama proses pengaktifan kembali rekening, Anda mungkin diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen yang telah disiapkan sebelumnya. Unggah dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

7. Tunggu Konfirmasi dan Verifikasi

Setelah mengirim formulir pengaktifan kembali, Anda perlu menunggu konfirmasi dan verifikasi dari Bank BRI. Biasanya, bank akan mengirimkan notifikasi melalui email atau pesan teks untuk memberitahu Anda tentang status pengaktifan kembali rekening.

8. Lakukan Aktivasi Melalui Internet Banking

Setelah menerima konfirmasi pengaktifan kembali rekening, Anda dapat login kembali ke akun internet banking BRI. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan aktivasi rekening. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih metode keamanan tambahan seperti penggunaan token atau kode OTP.

9. Selesaikan Proses Aktivasi

Setelah melakukan aktivasi melalui internet banking, ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses pengaktifan kembali rekening. Pastikan Anda memahami dan mengikuti semua petunjuk dengan seksama.

Baca juga: 10 Cara Mengencangkan Kulit Wajah, Cara Alami Hingga Treatment

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI yang Sudah Mati Secara Offline

Untuk mengaktifkan kembali rekening BRI yang sudah tidak aktif secara offline, Anda perlu mengunjungi kantor cabang BRI terdekat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, langkah ini juga dapat Anda gunakan saat status rekening BRI Anda Dormant.

1. Persiapkan Dokumen yang diperlukan

Pastikan Anda membawa dokumen identitas asli, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor, serta bukti kepemilikan rekening yang ingin diaktifkan, seperti buku tabungan atau kartu ATM.

2. Kunjungi Kantor Cabang BRI terdekat

Temui petugas bank di kantor cabang BRI terdekat dengan membawa semua dokumen yang telah disebutkan di atas. Jika Anda tidak yakin tentang lokasi cabang terdekat, Anda dapat menggunakan layanan pencarian cabang BRI melalui situs web resmi BRI atau menghubungi layanan pelanggan BRI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

3. Bicarakan Dengan Petugas Bank

Sampaikan maksud Anda untuk mengaktifkan kembali rekening BRI yang sudah tidak aktif kepada petugas bank. Mereka akan meminta Anda untuk mengisi formulir permohonan yang diperlukan. Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan benar.

4. Verifikasi Identitas

Petugas bank akan melakukan verifikasi identitas Anda dengan memeriksa dokumen identitas yang Anda bawa. Pastikan dokumen yang Anda berikan masih berlaku dan sesuai dengan data yang tercatat dalam sistem bank.

5. Perbarui Informasi

Jika diperlukan, petugas bank dapat meminta Anda untuk memperbarui informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, atau data lain yang terkait dengan rekening Anda. Pastikan Anda memberikan informasi yang benar dan terkini.

6. Tunggu Proses Aktivasi

Setelah mengisi formulir dan melengkapi proses verifikasi, Anda perlu menunggu proses aktivasi kembali rekening BRI. Waktu yang diperlukan untuk mengaktifkan kembali rekening dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan prosedur internal bank.

Apakah  Rekening BRI yang Sudah Mati Bisa diaktifkan Kembali?

Pertanyaan tersebut sering muncul saat orang mengalami akun rekening mereka sedang non aktif atau terblokir. Jawabannya adalah bisa diaktifkan kembali jika keadaan rekening tersebut dalam keadaan dormant. Apa itu dormant?

Dormant adalah keadaan dimana dalam suatu akun rekening bank tidak terjadi aktivitas transaksi finansial selama kurun waktu tertentu. Biasanya selama 6 bulan atau sesuai ketentuan yang dibuat oleh bank.

Untuk rekening yang diblokir secara permanen maka akun rekening tersebut tidak bisa diaktifkan kembali, biasanya pihak Bank akan menyarankan untuk membuka akun rekening baru.

Itulah ulasan mengenai cara mengaktifkan kembali rekening BRI yang sudah mati atau terblokir, ikuti langkah yang telah kami sebutkan di atas dengan seksama agar proses dapat berjalan lancar tanpa kendala.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar