Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Mandiri yang Sudah Mati

Masih bingung cara mengaktifkan kembali rekening Mandiri yang sudah mati? simak panduannya di sini.

Rekening bank merupakan sarana penting dalam kehidupan finansial kita. Salah satu bank yang terkenal di Indonesia adalah Bank Mandiri. Namun, terkadang ada kejadian di mana rekening Mandiri kita menjadi tidak aktif atau mati.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti tidak adanya aktivitas transaksi dalam jangka waktu yang lama atau kesalahan administratif.

Jika Anda mengalami situasi ini, jangan khawatir, karena rekening Mandiri Anda bisa diaktifkan kembali dengan beberapa langkah yang sederhana.

Dari Pada Mengaktifkan Rekening Mandiri, Lebih Buat Baru!

Mungkin anda bingung sebab, bukannya mengaktifkan rekening kembali dan justru kami sarankan untuk buat baru.

Alasannya adalah lebih mudah dan sangat praktis ketimbang mengurus sana sini.

Namun, kalau masih tetap mau diurus, silahkan lanjut baca bagian bawah.

Buat rekening bank Mandiri ternyata cukup mudah saat ini.

Cukup beberap langkah saja:

  1. Download Aplikasi Livin’ by Mandiri di Play Store
  2. Siapkan e-KTP
  3. Buat rekening secara online
  4. Verifikasi
  5. Selesai

Dalam 5 langkah saja rekening bank Mandiri sudah selesai. Tanpa perlu antri di teller atau kantor cabang terdekat.

Berapa biaya yang dibutuhkan? murah kok, hanya 50 ribu saja.

Juga, kartu ATM bisa request untuk dikirim langsung ke alamat rumah. Mudah bukan?

Cara mengaktifkan rekening mandiri yang sudah mati

Penyebab Rekening Mandiri Dinonaktifkan

Sebelum masuk pada pembahasan Anda perlu mengetahui beberapa alasan mengapa pihak Bank Mandiri menonaktifkan rekening Anda. Rekening bank Mandiri bisa dinonaktifkan karena beberapa alasan. Berikut beberapa penyebab umum mengapa rekening Mandiri bisa menjadi nonaktif:

1. Tidak Ada Aktivitasi

Jika rekening tidak memiliki transaksi atau aktivitas yang cukup dalam periode tertentu, bank dapat memutuskan untuk menonaktifkannya.

Biasanya jangka waktu adalah 6 bulan, jadi jika selama 6 bulan tidak ada aktivitas finansial di rekening Anda, pihak bank akan menonaktifkan secara sementara.

Baca juga: Pengertian Teknik Plester dan Aplikasinya dalam Bangunan

2. Saldo Nol

Jika saldo rekening Mandiri Anda menjadi nol atau negatif untuk jangka waktu tertentu, bank dapat menonaktifkannya.

3. Nasabah Meninggal Dunia

Jika ada laporan bahwa nasabah yang bersangkutan telah meninggal dunia maka pihak bank Mandiri memiliki kuasa untuk menutup akun rekening rekening nasabah tersebut.

Lalu bagaimana dengan saldo yang ada di dalamnya? Tentunya dapat diurus oleh ahli warisnya, untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi pihak bank Mandiri.

4. Permintaan Pemilik Rekening

Pemilik rekening dapat meminta bank untuk menonaktifkan rekening secara sukarela.

5. Pelanggaran Ketentuan Perjanjian

ika pemilik rekening melanggar ketentuan perjanjian yang berlaku, seperti menggunakan rekening untuk tujuan ilegal atau penipuan, bank dapat menonaktifkan rekening.

Cara Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Mandiri Secara Online

Untuk mengaktifkan kembali rekening Mandiri yang sudah tidak aktif secara online, Anda perlu menghubungi Layanan Mandiri Call 14000 atau (021) 5299 7777. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Siapkan dokumen-dokumen yang mungkin diperlukan, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau identitas lain yang valid.

2. Hubungi Layanan Mandiri Call 14000 atau (021) 5299 7777 dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh sistem interaktif atau customer service yang melayani.

3. Jelaskan situasi Anda kepada customer service, bahwa Anda ingin mengaktifkan kembali rekening Mandiri yang sudah tidak aktif. Mereka akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai prosedur yang harus Anda ikuti.

4. Kemungkinan Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengaktifan kembali rekening atau memberikan informasi-informasi tertentu. Pastikan Anda mempersiapkan dokumen dan informasi yang diminta dengan benar.

5. Ikuti instruksi yang diberikan oleh customer service mengenai langkah-langkah selanjutnya, seperti mengirimkan dokumen melalui email atau mengunjungi cabang terdekat untuk proses verifikasi.

6. Setelah semua proses selesai, rekening Anda seharusnya diaktifkan kembali. Anda akan menerima konfirmasi melalui email, SMS, atau telepon mengenai status aktivasi rekening Anda.

Pastikan untuk menghubungi Mandiri Call Center atau mengunjungi situs web resmi Bank Mandiri untuk memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini mengenai prosedur pengaktifan kembali rekening secara online.

Cara Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Mandiri Ke CS / Teller

Aktivasi kembali rekening Mandiri yang sudah mati dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana secara offline.Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengaktifkan kembali rekening Mandiri secara offline.

Langkah ini juga bisa Anda gunakan saat kondisi rekening Mandiri ini Anda dalam keadaan Dormant.

1. Kunjungi Kantor Cabang Mandiri Terdekat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi kantor cabang Mandiri terdekat. Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen yang diperlukan seperti kartu identitas, seperti KTP atau SIM, dan juga bukti kepemilikan rekening sebelumnya.

Dalam beberapa kasus, bank mungkin memerlukan dokumen tambahan, seperti surat keterangan domisili atau NPWP. Jadi pastikan Anda membawa dokumen-dokumen ini sesuai dengan persyaratan yang berlaku di cabang tersebut.

2. Bicarakan dengan Petugas Bank

Setelah tiba di kantor cabang, mintalah bantuan dari petugas bank untuk mengaktifkan kembali rekening Anda. Sampaikan dengan jelas bahwa Anda ingin mengaktifkan kembali rekening yang sudah mati atau tidak aktif. Petugas bank akan memberikan langkah-langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan.

3. Lengkapi Formulir Aktivasi

Petugas bank akan memberikan Anda formulir yang perlu Anda lengkapi untuk mengaktifkan kembali rekening Mandiri. Formulir ini biasanya berisi informasi pribadi Anda, nomor rekening yang ingin diaktifkan kembali, dan alasan mengapa rekening tersebut tidak aktif.

Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan benar dan jujur. Jika ada pertanyaan atau ketidakjelasan, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bank.

4. Setor Uang Awal

Sebagai bagian dari proses aktivasi, bank mungkin meminta Anda untuk melakukan setoran uang awal ke rekening yang ingin diaktifkan kembali. Jumlah uang awal ini bisa bervariasi tergantung pada kebijakan bank dan jenis rekening yang Anda miliki.

Pastikan Anda mengetahui jumlah yang harus disetor dan pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup saat mengunjungi kantor cabang.

5. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah mengisi formulir dan melakukan setoran uang awal, rekening Anda akan masuk ke proses verifikasi oleh petugas bank. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari atau lebih tergantung pada jumlah rekening yang perlu divalidasi.

Dalam beberapa kasus, petugas bank mungkin juga menghubungi Anda melalui telepon untuk memverifikasi informasi atau mengklarifikasi detail tertentu.

6. Aktivasi Rekening

Setelah proses verifikasi selesai, petugas bank akan menghubungi Anda untuk memberitahu bahwa rekening Anda sudah aktif kembali. Mereka akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai penggunaan rekening, seperti pengaturan PIN ATM baru atau pengaktifan layanan perbankan elektronik seperti Mandiri Online.

7. Gunakan Rekening Anda dengan Bijak

Setelah berhasil mengaktifkan kembali rekening Mandiri, penting bagi Anda untuk menggunakan rekening tersebut dengan bijak. Jaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi dan detail rekening Anda.

Pastikan untuk memantau transaksi yang terjadi di rekening Anda secara berkala dan segera laporkan jika ada aktivitas yang mencurigakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengaktifkan kembali rekening Mandiri yang sudah mati secara online maupun offline. Penting untuk diingat bahwa persyaratan dan prosedur dapat bervariasi antar cabang bank Mandiri yang berbeda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, sebaiknya langsung menghubungi kantor cabang terdekat atau layanan pelanggan Mandiri untuk mendapatkan informasi terkini. Semoga artikel ini membantu dan sukses mengaktifkan kembali rekening Mandiri Anda!

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar