Cara Mengatasi ATM CIMB Niaga Terblokir Tanpa ke Bank yang Mudah dan Aman

ATM terblokir akan menjadi salah satu permasalahan yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Sebab, hal ini dapat membuat seseorang tidak bisa bertransaksi dengan menggunakan kartu ATM-nya tersebut. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengatasi ATM CIMB Niaga terblokir tanpa ke bank.

Meskipun layanan SMS banking, m-banking, dan e-wallet sudah sering digunakan oleh beberapa orang, akan tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang lainnya yang tetap menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksinya.

Tidak hanya itu, kartu ATM juga akan sangat dibutuhkan ketika seseorang hendak mengambil uang tunai di mesin ATM. Jadi, dapat dipastikan bahwa kartu ATM sangatlah penting untuk sebagian orang. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga keamanan kartu tersebut agar tidak terblokir permanen.

Penyebab Kartu ATM CIMB Niaga Terblokir

Salah satu jenis kendala yang sering dialami oleh beberapa nasabah CIMB Niaga adalah kartu ATM yang terblokir. Pada dasarnya, kendala ini akan terjadi ketika seseorang salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Namun, ada juga beberapa jenis penyebab lainnya, yaitu:

1. Nasabah Salah Memasukkan Data

Penyebab pertama yang bisa membuat kartu ATM CIMB Niaga milikmu terblokir adalah karena kamu salah memasukkan data ketika bertransaksi dengan menggunakan kartu ini. Yang dimaksud data di sini adalah PIN dari kartu tersebut.

Ketika seorang nasabah salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali berturut-turut, maka sistem akan secara otomatis memblokir pemakaian kartu tersebut. Sebab, hal ini akan dianggap sebagai perilaku yang tidak biasa dan patut untuk dicurigai. Oleh karena itu, kamu harus selalu mengingat PIN milikmu.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi ATM Mandiri Terblokir Tanpa ke Bank, Lengkap!

2. Menggunakan ATM di Lokasi yang Berbeda dalam Waktu yang Singkat

Perilaku lain yang dapat membuat sistem secara otomatis memblokir kartu ATM milikmu adalah ketika terdeteksi penggunaan ATM di beberapa negara yang berbeda dalam waktu yang singkat. Tentu perilaku ini akan membuat bank langsung mencurigai transaksi yang sedang dilakukan tersebut.

Biasanya, kartu ATM CIMB Niaga yang terblokir karena alasan ini dapat dikembalikan dengan mudah. Pihak nasabah hanya perlu menghubungi customer service CIMB Niaga untuk menjelaskan tentang permasalahan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kartu tersebut kembali.

3. Terjadi Kesalahan Teknis

Berbeda dengan kedua jenis penyebab yang sebelumnya, untuk penyebab yang satu ini terjadi bukan karena kesalahan pengguna atau nasabah. Biasanya, permasalahan seperti ini akan terjadi setelah proses perbaikan sistem dilakukan oleh pihak bank.

Hal ini bisa terjadi ketika kamu menggunakan kartu tersebut untuk berbelanja, tapi ternyata toko yang dikunjungi masih menggunakan firmware yang lama. Meskipun permasalahan seperti ini sering dialami oleh beberapa nasabah CIMB Niaga, tetapi bank tersebut akan membantumu untuk mengatasinya.

4. Terjadi Perubahan pada Syarat dan Ketentuan Bank

Tak jarang dari beberapa bank di Indonesia yang sering memperbarui syarat dan ketentuannya, sehingga setiap nasabah harus selalu update mengenai informasi ini. Sementara itu, salah satu jenis tindakan yang bisa membuat bank memblokir kartu ATM milikmu adalah hal ini.

Sebab, kondisi seperti ini akan terjadi ketika seorang nasabah dianggap tidak mengikuti syarat dan ketentuan terbaru dari pihak yang bersangkutan tersebut. Oleh karena itu, setiap nasabah CIMB Niaga wajib selalu update informasi tentang syarat dan ketentuan yang berlaku di masa tersebut.

Cara Mengatasi ATM CIMB Niaga Terblokir Tanpa ke Bank yang Terjamin Aman

Kartu ATM CIMB Niaga milikmu tiba-tiba terblokir dan tidak bisa digunakan? Kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa membuka pemblokiran tersebut dengan melakukan cara mengatasi ATM CIMB Niaga terblokir tanpa ke bank berikut ini:

  • Pertama-tama, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang dibutuhkan, yaitu buku rekening tabungan, kartu ATM CIMB Niaga yang terblokir, dan Kartu Identitas Penduduk (KTP).
  • Setelah semua dokumen sudah disiapkan, kamu bisa langsung menghubungi petugas call center CIMB Niaga di nomor 14041.
  • Apabila telepon tersebut sudah terhubung dengan pihak customer service CIMB Niaga, kamu bisa menyampaikan tentang permasalahan yang sedang kamu alami tersebut.
  • Ceritakan secara rinci terkait kronologi pemblokiran kartu ATM tersebut terjadi.
  • Kemudian, pihak customer service CIMB Niaga akan melakukan tahapan verifikasi data dan identitas yang telah kamu berikan.
  • Jika data yang kamu sampaikan sudah benar, maka customer service CIMB Niaga akan membuka pemblokiran kartu tersebut dan mengatur ulang PIN kartu ATM milikmu.
  • Selesai.

Bahaya Membagikan PIN ATM ke Sembarang Orang

PIN ATM adalah salah satu jenis data yang harus dirahasiakan dari banyak orang. Sebab, membagikan informasi tentang PIN ATM milikmu ke sembarang orang akan mendatangkan sebuah risiko yang cukup besar. Berikut adalah risiko yang dapat terjadi jika kamu membagikan PIN ATM ke sembarang orang:

1. Skimming

Apa yang dimaksud dengan skimming? Skimming adalah jenis penipuan yang sudah sering terjadi di Indonesia. Dalam hal ini, pelaku skimming akan melakukan sebuah teknik tertentu dengan memasang alat skimmer di lubang mulut mesin ATM.

Dengan adanya alat skimmer seperti ini, pelaku dapat lebih mudah untuk menyalin data seperti PIN ATM dari setiap nasabah.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, kamu bisa lebih teliti ketika masuk ke ruang ATM tertentu. Cek terlebih dahulu bagian lubang mulut mesin ATM, apakah ada benda asing di dalamnya.

2. Pembajakan

Tindak kriminal kedua yang bisa terjadi ketika PIN ATM milikmu bocor adalah pembajakan. Sama bahayanya seperti jenis penipuan yang sebelumnya, pembajakan juga akan sangat merugikan pihak nasabah.

Nomor PIN ATM tidak boleh dibagikan ke banyak orang, terutama ke orang-orang yang tidak terlalu dekat. Sebab, hal ini dapat memicu terjadinya pembajakan yang akan dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalami situasi seperti ini adalah dengan tidak membagikan nomor PIN ATM ke sembarang orang. Dengan begitu, keamanan rekeningmu bisa lebih terjaga dengan baik.

3. Phishing

Phising adalah tindakan kejahatan yang akan dilakukan oleh pelaku untuk mengelabui korban dengan sedemikian rupa. Biasanya, data-data yang menjadi incarannya adalah nomor PIN ATM, identitas diri yang lengkap, hingga riwayat finansial tertentu.

Pelaku phising biasanya akan menyamar sebagai suatu lembaga tertentu untuk mendapatkan kepercayaan dari setiap nasabah. Pada saat nasabah sudah percaya dengan pelaku tersebut, pelaku akan dengan mudah mendapatkan data-data yang dibutuhkannya.

Oleh karena itu, kamu harus selalu waspada jika ada seseorang atau organisasi tertentu yang mengaku sebagai lembaga yang sah dengan menanyakan tentang data-data pribadi. Sebab, hal ini dapat merugikan kalian jika tidak diperhatikan dengan baik.

Dengan melihat penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa cara mengatasi ATM CIMB Niaga terblokir tanpa ke bank bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jadi, kamu bisa mengatasi permasalahan kartu ATM CIMB Niaga terblokir ini langsung dari rumah.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar