Cara Transfer BCA ke BNI Lewat Mobile Banking Mudah dan Aman

Masih bingung cara transfer BCA ke BNI lewat mobile Banking? Simak caranya, mudah kok!

Mobile banking telah memudahkan kita dalam melakukan transaksi perbankan secara mudah dan praktis melalui smartphone. Salah satu transaksi yang sering dilakukan adalah transfer antar bank.

Jika Anda ingin mentransfer uang dari rekening Bank Central Asia (BCA) ke rekening Bank Negara Indonesia (BNI) menggunakan layanan mobile banking, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat Anda ikuti.

Langkah Transfer dari BCA ke BNI

Ikuti langkah-langkah berikut ini agar proses transfer uang yang Anda lakukan dapat berjalan dengan sukses.

1. Masuk ke Aplikasi Mobile Banking BCA

Setelah membuka aplikasi mobile banking BCA, masukkan nomor rekening dan PIN BCA Anda untuk masuk ke akun Anda.

Perlu diketahui, di M banking BCA terdapat dua Langkah untuk mengirimkan uang ke rekening lain. Yakni:

  • Mendaftarkan nomor rekening terlebih dahulu
  • Baru bisa melakukan transfer

Berikut adalah Langkah-langkahnya.

Baca juga: 3 Strategi Deposito Agar Hasil Maksimal dan Rendah Risiko

2. Pilih Menu “m-Transfer”

Pilih Menu "m-Transfer"

Setelah berhasil masuk, cari dan pilih menu “m-Transfer” pada halaman utama aplikasi mobile banking BCA. Biasanya, menu ini memiliki ikon yang menggambarkan transaksi transfer.

3. Pilih Opsi “Antar Bank”

Di dalam menu “m-Transfer“, Anda akan melihat berbagai opsi transfer, termasuk transfer antar bank. Pilih di Daftar Transfer, kemudian pilih opsi “Antar Bank“.

Sebelum bisa melakukan transfer, Anda diminta untuk mendaftarkan nomor rekening dan bank tujuan ke daftar transfer.

4. Pilih Bank Tujuan (BNI)

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih bank tujuan transfer. Pilih Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai bank tujuan transfer Anda.

5. Masukkan Data Rekening Tujuan

Setelah memilih BNI sebagai bank tujuan transfer, Anda perlu memasukkan data rekening tujuan dengan benar. Masukkan nomor rekening BNI penerima yang ingin Anda transfer.

6. Tekan Send

Setelah tekan Send, maka Anda diminta untuk memasukkan PIN M-BCA. Jika sudah, pada tahap ini, m-Banking BCA baru selesai menyimpan nomor rekening dan Bank tujuan saja di daftar rekening.

7. Pilih Bagian Transfer

Jika tahap sebelumnya adalah mendaftarkan nomor rekening dan Bank BNI sebagai kontak, Langkah selanjutnya adalah mengirimkan uang ke dari rekening BCA ke Bank BNI.

6. Pilih Antar Bank

Perhatikan bagian Transfer, ada pilihan Antar Bank, pilih lalu isi:

  • Pilih Bank
  • Ke rekening tujuan
  • Jumlah uang yang akan dikirim
  • Layanan transfer, ( bisa pilih BI Fast) sebab lebih murah biaya kirimnya dari bank BCA ke BNI.

Baca juga: Mencairkan Deposito Sebelum Jatuh Tempo? Ini Risikonya!

7. Verifikasi Data Transfer

Di langkah ini, Anda akan melihat ringkasan transaksi transfer yang akan dilakukan. Periksa kembali nomor rekening tujuan, jumlah transfer, dan informasi lainnya untuk memastikan semuanya benar.

8. Konfirmasi dan Masukkan PIN Mobile Banking BCA

Jika Anda telah memeriksa dan yakin dengan semua informasi transfer yang Anda masukkan, konfirmasikan transaksi tersebut. Masukkan Pin Mobile banking, dan transaksi berhasil.

10. Periksa Riwayat Transaksi di bagian Inbox

Setelah selesai melakukan transfer, pastikan untuk memeriksa riwayat transaksi pada aplikasi mobile banking BCA Anda.

Anda akan melihat detail transfer yang baru saja Anda lakukan, termasuk tanggal, waktu, dan jumlah transfer.

Tips Aman Transaksi dari BCA ke BNI

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk menjaga keamanan transaksi Anda:

1. Pastikan Anda Menggunakan Aplikasi Resmi

Unduh dan instal aplikasi resmi mobile banking dari BCA dan BNI melalui toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau Apple App Store. Pastikan aplikasi yang Anda gunakan memiliki logo dan nama yang benar serta diterbitkan oleh bank yang bersangkutan.

2. Jaga Kerahasiaan Data Masuk

Jangan pernah membagikan informasi login Anda, seperti username, password, atau PIN ke siapapun. Jaga kerahasiaan data masuk Anda dengan baik dan hindari mencatatnya di tempat yang mudah diakses oleh orang lain.

3. Gunakan Jaringan Internet yang Aman

Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang aman atau menggunakan koneksi data seluler yang terpercaya. Hindari menggunakan jaringan Wifi publik yang tidak terlindungi karena dapat meningkatkan risiko kebocoran informasi.

4. Verifikasi Detail Penerima

Sebelum melakukan transfer, pastikan Anda memeriksa dengan teliti detail penerima, seperti nomor rekening dan nama yang benar. Salah memasukkan informasi penerima dapat mengakibatkan transfer ke pihak yang salah dan sulit untuk dikoreksi.

5. Periksa dan Verifikasi Transaksi

Setelah melakukan transfer, periksa dan verifikasi kembali detail transaksi Anda, termasuk jumlah yang ditransfer dan tujuan transfer. Pastikan semua informasi sudah benar sebelum mengirimkan transaksi.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mentransfer uang dari rekening BCA ke rekening BNI melalui layanan mobile banking BCA. Pastikan untuk memasukkan data rekening tujuan dengan benar dan memeriksa kembali semua informasi sebelum mengirimkan transfer.

Selain itu, pastikan juga untuk melindungi informasi akun dan PIN BCA Anda agar tetap aman. Semoga panduan cara transfer BCA ke BNI lewat mobile Banking membantu Anda dalam melakukan transfer antar bank dengan mudah dan aman menggunakan mobile banking BCA.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar