7 Cara Memperbaiki Charger Laptop Asus Tidak Mengisi, Dijamin Berhasil!

Mencari uang adalah langkah yang dilakukan banyak orang. Kemudian, untuk hal ini, ada berbagai macam langkah yang orang lakukan. Salah satunya adalah dengan bekerja. Dalam semua hal ini, Anda dapat memilih perangkat yang dapat digunakan.  Contohnya adalah laptop yang sering mengalami kerusakan pada charger. Anda bisa gunakan cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi.

Laptop banyak sekali manfaatnya dan dapat digunakan dalam banyak hal seperti bermain game dan bisa juga digunakan untuk kepentingan bekerja.  Ada kemungkinan perangkat pendukung seperti charger mengalami kerusakan.

Bahkan, perangkat yang paling bagus sekalipun juga bisa rusak.  Charger yang tidak bisa mengisi baterai tentunya akan menyulitkan Anda dalam menggunakan laktop. Namun tenang, hal ini bisa diatasi dengan berbagai macam langkah. 

Cara Memperbaiki Charger Laptop Asus Tidak Bisa Mengisi Sederhana

Charger laptop yang tidak bisa mengisi memang merupakan masalah yang lumrah.  Ada beberapa orang yang tidak terkejut akan hal ini karena sudah tahu langkah mengatasinya. 

Sebagai pengguna laptop Asus, Anda tidak usah khawatir karena ada banyak tutorialnya. Cara perbaikannya juga sangat mudah dan Anda dapat menggunakan langkah berikut untuk melakukan perbaikan secara mandiri:

1. Periksa Colokan Kabel

Langkah pertama yang mudah dilakukan untuk perbaikan adalah dengan colokan kabel jauh lebih dulu. Pemeriksaan colokan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Coba cek apakah kabel charger sudah terpasang dengan baik.  Jika sudah terpasang sepenuhnya, baterai pasti akan masuk.

Jika colokan yang Anda masukkan ke dalam port kurang pas, daya baterai tidak dapat tersalurkan dan masuk ke dalam laptop.

Anda juga harus memastikan kalau colokan tidak longgar. Anda harus memastikan kalau charger tercolok dengan baik di colokan dan tidak ada masalah pada colokan yang digunakan.  Jangan sampai colokan memang mengalami kerusakan yang Anda tidak sadari.

Baca juga: Cara Cek Power Supply PC dengan Software yang Benar dan Dijamin Aman

2. Dinginkan Adaptor

Cara selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan adalah dinginkan adaptor charger lebih dulu.  Tentunya, cara perbaikan yang satu ini dilakukan oleh banyak orang karena memang membantu dalam cara memperbaiki charger laptop asus tidak bisa mengisi

Banyak pengguna yang sebenarnya menyebabkan kerusakan sendiri. Misalnya, tidak melepaskan charger dari colokan. 

Hal seperti ini akan membuat adaptor charger menjadi panas dan tidak bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, Anda harus mendinginkan adaptor dan menjauhkannya dari sumber listrik lebih dulu. 

Charger yang tetap ada di colokan akan mengalami kerusakan jauh lebih cepat lagi.  Hal ini dikarenakan charger terus dialiri sumber listrik dan seperti bekerja. Pastikan kalau Anda mencabut charger setelah tidak digunakan. 

3. Melepas Baterai Laptop

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk perbaikan adalah melepas baterai laptop. Dibandingkan dengan berbagai macam cara sebelumnya, cara yang satu ini agak sulit untuk dilakukan.

Walaupun begitu, langkah yang satu ini tidak bisa dimanfaatkan untuk semua jenis laptop. Hanya beberapa laptop saja yang memungkinkan untuk menggunakan cara ini. 

Hal ini dikarenakan ada banyak laptop Asus yang sudah menggunakan baterai tanam. Karena itu, tidak memungkinkan lagi untuk melepas baterai laptop.

Cara yang satu ini hanya dapat digunakan pada laptop yang sudah lama digunakan. Ada beberapa jenis laptop yang mempunyai baterai lepasan dahulu. Jika laptop Anda merupakan jenis lepas, Anda bisa melepas baterainya.

Ada banyak tutorial yang dapat Anda periksa untuk cara melepas baterai sesuai dengan tipe laptop. Jika masalah memang ada pada baterai dan bukan charger laptop, langkah yang satu ini selalu berfungsi. 

4. Pastikan Kabel Baik

Cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi lainnya juga ada. Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan memastikan kalau kabel juga dalam kondisi yang baik.

Percuma saja halnya jika Anda melakukan berbagai macam hal pada baterai laptop dan kerusakan ada pada charger. Pastikan kalau kabel charger yang Anda gunakan masih dalam kondisi yang baik. 

Maksud dari kondisi kabel masih baik ini adalah tidak ada berbagai macam kerusakan pada kabel. Contohnya adalah kabel yang sudah terkelupas pada bagian-bagian tertentu. Jangan ada kabel yang patah atau juga terlipat.

Anda juga harus meluruskan kabel lebih dulu jika ada bagian yang terlilit. Jika ada masalah dengan kabel di dalam pembungkusnya, aliran listrik bisa saja terganggu.

5. Cek Tegangan dan Konektor

Anda juga dapat menggunakan langkah lainnya dengan memeriksa tegangan dan juga konektor yang ada pada charger.  Cara yang satu ini merupakan cara yang cukup sederhana jika Anda tahu tutorialnya dengan baik.

Anda harus memeriksa tegangan antara charger dan juga laptop. Keduanya perlu mempunyai tegangan yang sama dalam pemakaian.  Hal ini merupakan tanda kalau pengisian daya berjalan dengan baik.

Jika ada masalah perbedaan tegangan antara charger dan juga laptop yang Anda miliki, langsung gunakan langkah mudah dengan mengganti charger yang digunakan.

Dengan menggunakan cara ini, permasalahan akan charger dan juga laptop tidak akan muncul lagi. Cobalah untuk mencari charger yang sesuai dengan keperluan dan juga tipe laptop Anda. 

6. Bawa ke Tukang Service

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membawa laptop serta charger ke orang yang lebih ahli. Perbaikan secara asal dapat menyebabkan laptop Anda mengalami kerusakan yang makin parah.

Anda memang dapat berusaha untuk membenarkan sendiri dengan menggunakan berbagai macam peralatan. Selain itu, bisa juga dengan melihat tutorial dari berbagai macam aplikasi.

Namun, akan jauh lebih baik dengan mencari ahli yang tepat dan langsung melakukan perbaikan.

Jangan sampai menghabiskan banyak uang karena kerusakan justru menjadi parah. Penting halnya untuk mencari orang yang tepat dalam memperbaiki laptop dan juga charger-nya.  Anda bisa meminta bantuan dari teman untuk mencari orang atau menggunakan sosial media juga.

Penyebab Charger Laptop ASUS Rusak

Setelah tahu cara memperbaiki charger laptop asus tidak bisa mengisi, Anda juga harus tahu berbagai macam penyebab dari hal ini.

Dengan begitu, Anda tidak usah khawatir dan bisa mencegah masalah ini terjadi.  Bahkan, proses perbaikannya akan lebih mudah jika Anda sudah memperhatikan kemungkinan kerusakannya.  Salah satu penyebab utama kerusakan adalah masalah yang terjadi pada kabel. 

Kemudian, penyebab lainnya dari kerusakan charger ini ada pada kerusakan port charger. Jika ada banyak debu dalam port charger, hal ini akan membuat konektivitas antara charger dengan laptop menjadi kurang kuat atau terputus-putus.

Bila diarkan maka akan berdampak pada kerusakan pada pada adaptor charger dan tidak menutup kemungkinan juga akan merusak baterai laktop karena daya yang tersalur ke baterai tidak stabil.

Demikian informasi berkaitan dengan cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi yang dapat dilakukan. Anda tidak usah khawatir berkaitan dengan cara perbaikan yang mudah dilakukan. Cobalah untuk menggunakan langkah sederhana dengan cepat memperbaiki sebelum kerusakan tambah parah.

Share:

Seorang penulis professional yang sudah berkecimpung di dunia digital lebih dari 4 tahun. "Menulis membuat kita menjadi abadi".

Tinggalkan komentar