• Minggu, 22 Mei 2022

Kang Dedi Mulyadi Temukan Sosok Mirip Kabayan di Dunia Nyata

- Senin, 10 Januari 2022 | 14:44 WIB
Kang Dedi Mulyadi bersama Mang Engkus yang kepolosannya mirip dengan Kabayan (YT Kang Dedi Mulyadi Channel)
Kang Dedi Mulyadi bersama Mang Engkus yang kepolosannya mirip dengan Kabayan (YT Kang Dedi Mulyadi Channel)

HALO PELAJAR- Kabayan merupakan sosok imajinatif dari budaya Sunda. Cerita dongeng mengenai Kabayan dengan polahnya yang lucu dan polos, dituturkan melalui lisan secara turun temurun sejak abad ke-19 di kalangan masyarakat Sunda.

Dalam budaya modern, Kabayan populer dalam drama komedi yang diperankan oleh aktor Didi Petet. Ternyata karakter Kabayan juga ada dalam dunia nyata masa kini. Sosoknya ditemukan oleh Kang Dedi Mulyadi.

Adalah sosok Kusnadi yang akrab disapa Mang Engkus, penjual coet asal Babakan Ciparay Bandung, mirip sekali dengan legenda si Kabayan yang mencerminkan karakter orang sunda yang polos.

Baca Juga: Kang Dedi Mulyadi Marah Anak Kecil Dibawa Ortu Ngerongsok hingga Tengah Malam

Melansir YT Kang Dedi Mulyadi Channel, perjumpaan Kang Dedi dan Mang Engkus berawal pada malam tahun baru kemarin. Saat itu Mang Engkus sedang mangkal menjajakan coetnya di Purwakarta. Kang Dedi yang kebetulan lewat menghampirinya.

Kang Dedi mendapati coet Mang Engkus ternyata palsu bukan terbuat dari batu, Kang Dedi membelah-belahkan coetnya.

Mang Engkus dengan polosnya percaya begitu saja dan ketakutan saat Kang Dedi mengaku sebagai jeger atau preman setempat yang bernama Haji Udin. Mang Engkus bahkan rela coetnya tidak dibayar asalkan bisa selamat.

(YT Kang Dedi Mulyadi Channel)

Endingnya sangat mengharukan. Kang Dedi justru memberikan segepok uang ke Mang Engkus. Mang Engkus yang asalnya ketakutan jadi menagis bahagia dengan memeluk Kang Dedi.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: YT Kang Dedi Mulyadi Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Paus Fransiskus di Natal Tahun Ini

Sabtu, 25 Desember 2021 | 23:45 WIB

Terpopuler

X